Adegan Pertolongan Pertama Di Film Yang Ternyata Keliru

Adegan Pertolongan Pertama Di Film Yang Ternyata Keliru

Adegan Pertolongan Pertama Di Film Yang Ternyata Keliru | Tahukah anda bahwa berbagai prosedur medis dan pertolongan pertama yang selama ini anda lihat di televisi baik film maupun sinteron tidak semuanya benar? Bahkan, kebanyakan prosedur yang anda lihat di layar kaca sebenarnya keliru. Sebenarnya, setiap orang butuh tahu bagaimana cara melakukan pertolongan pertama jika suatu kondisi darurat terjadi. Maka itu anda harus tahu mana saja aksi pertolongan pertama yang benar dan yang salah. Berikut uraian lengkapnya :

  • Pertolongan pertama mencabut pisau atau kayu yang tertusuk

Berbagai adegan di layar kaca seringkali menampilkan adegan kekerasan yang berujung pada penusukan berbagai bagian tubuh atau pelepasan anak panah yang ujungnya bersarang di bagian tubuh tertentu. Tak jarang, Anda melihat sang korban dengan mudah langsung menarik pisau atau anak panah yang bersarang di tubuhnya dan kembali melanjutkan perkelahian serta peperangan. Lantas, apakah hal tersebut aman secara medis?

Dr. Troy Madsen, seorang dokter departemen darurat di University Utah Hospital menyatakan bahwa saat tertusuk pisau baik di dada, leher, perut, atau bagian tubuh lainnya jangan sekali-kali berinisiatif untuk menariknya keluar.

Pasalnya, pisau atau anak panah yang menusuk bagian tubuh tertentu biasanya dalam beberapa saat akan membuat gumpalan darah di sekitarnya. Jadi, jika Anda langsung menariknya keluar hal ini akan membuat gumpalan darah terlepas dan perdarahan hebat bisa terjadi.

Selain itu, Anda juga tidak tahu persis apakah bagian tubuh yang tertusuk dekat dengan pembuluh darah yang cukup besar atau tidak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera datang ke rumah sakit terdekat dan biarkan dokter yang melakukannya.

  • Pertolongan pertama untuk henti jantung

Pertolongan pertama bagi yang mengalami henti jantung adalah dengan memberikannya CPR atau resusitasi jantung. Adega CPR di layar kaca hampir semuanya keliru, terutama tekniknya. Dalam sebuah film barat yang diperankan oleh James Cameron, kesalahan pemberian CPR bahkan dilakukan berulang kali.

CPR atau resusitasi jantung dan paru pada dasarnya merupakan teknik penyelamatan nyawa yang digunakan dalam keadaan darurat seperti saat seseorang mengalami henti jantung atau tenggelam. Teknik ini dilakukan untuk mengembalikan denyut jantung kembali normal dan menjaga darah tetap mengalir ke otak dan organ vital lainnya hingga korban mendapatkan penanganan medis.

Dalam film ini teknik CPR dilakukan secara acak pada dada dengan lengan bengkok dan memberikan pernapasan dari mulut ke mulut secara sembarang. Bahkan di sebuah adegan, sang penyelamat hanya mencoba memberikan beberapa kali kompresi dada dan menyerah setelahnya.

Dalam dunia medis, CPR yang tepat diberikan dengan meletakkan salah satu telapak tangan di tengah dada, yaitu di antara kedua puting susu. Telapak tangan lainnya diletakkan tepat di atas tangan yang satunya. Obat Herbal Radang Paru

Jaga lengan untuk tetap lurus dan posisikan bahu berada sejajar di atas kedua tangan Anda. Kemudian gunakan berat tubuh bagian atas untuk menekan dada sedalam 5-7 cm. Tekan kuat kuat dan dan cepat dengan laju sekitar 100 kali kompresi per 1 menit. Biasanya, tenaga medis akan melakukan hal ini hingga detak jantung muncul kembali.

Kerumitan teknik CPR ini membuatnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Salah sedikit, bukannya menyelamatkan, Anda justru membawa korban dalam bahaya yang dapat mengancam nyawa.

  • Menaruh sendok di mulut orang yang kejang

Menaruh sendok di mulut orang yang sedang kejang menjadi mitos umum yang sering didengar dan bahkan diperagakan dalam sebuah acara televisi sebagai bentuk pertolongan pertama. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah orang yang mengalami kejang terus menggigit lidahnya.

Oleh karena itu, sendok yang diselipkan di mulut bertujuan untuk mencegah pasien melakukan hal tersebut. Padahal faktanya menurut Sallie Baxendale, PhD, seorang konsultan neuropsikologis di Department of Clinical & Experimental Epilepsy di the Institute of Neurology London menyatakan bahwa hal ini sangatlah membahayakan.

Pada kenyataannya pasien justru bisa menggigit dengan keras benda yang dimasukkan ke dalam mulutnya termasuk sendok. Hal ini justru bisa mengakibatkan trauma pada gigi yang akan berefek negatif pada kesehatan gigi nantinya.

Baxendale mengatakan cara tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang kejang ialah dengan memiringkan tubuh orang yang bersangkutan ke sisi kanan atau kiri agar air liur tidak terhirup dan masuk ke saluran napas. Jangan sekali-kali memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya termasuk sendok karena hal sangat membahayakan bahkan bisa menutup saluran napas. Walatra Berry Jus

  • Penggunaan alat pacu jantung yang salah

Kesalahan prosedur medis yang sangat jelas juga terjadi pada penggunaan defibrilator. Pernahkah Anda melihat penggunaan defibrilator di film-film atau bahkan sinetron? Penggunaannya biasanya dilakukan ketika jantung berhenti berdetak atau yang ditunjukkan dengan garis lurus di layar. Hal ini jelas sangat keliru dan mengacaukan pemahaman orang awam mengenai prosedur medis yang sebenarnya.

Defibrilator atau alat setrum merupakan sebuah alat yang dirancang untuk memberikan kejutan listrik berenergi tinggi melalui dinding dada pada jantung yang denyutnya tidak teratur untuk dapat kembali normal.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengobati gangguan jantung yang mengakibatkan denyutnya menjadi cepat dan tidak teratur bukan menghidupkan kembali aktivitas jantung yang telah mati seperti yang ditunjukkan di layar kaca. Penanganan yang tepat saat kondisi jantung berhenti berdetak (ditandai dengan garis lurus di layar) adalah dengan cara resusitasi jantung paru dan pemberian obat intravena.

Itulah Adegan Pertolongan Pertama Di Film Yang Ternyata Keliru, seperti yang dilansir dari HelloSehat. Berbagai kesalahan prosedur medis dan pertolongan pertama yang sering Anda lihat di layar kaca ternyata menjadi hal yang sebaiknya tidak Anda tiru. Selalu konsultasikan ke dokter dan datangi rumah sakit terdekat jika Anda mengalami hal gawat medis yang membutuhkan pertolongan segera.

Baca Juga : Perubahan Yang Terjadi Pada Otak Saat Main Game Online

Adegan Pertolongan Pertama Di Film Yang Ternyata Keliru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *