Antara Teh Hijau Dengan Teh Hitam, Mana Yang Lebih Menyehatkan?

Ada beragam jenis teh yang beredar di pasaran. Dari sekian banyak jenis, teh hijau dan teh hitam lah yang paling kerap kita temui di toko-toko swalayan. Menurut anda, Antara Teh Hijau Dengan Teh Hitam, Mana Yang Lebih Menyehatkan? Simak selengkapnya dibawah ini.

Antara Teh Hijau Dengan Teh Hitam, Mana Yang Lebih Menyehatkan?

Antara Teh Hijau Dengan Teh Hitam, Mana Yang Lebih Menyehatkan? | Minuman teh telah sejak lama diketahui menyimpan banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Ada begitu banyak jenis teh yang siap untuk menyehatkan tubuh Anda. Seperti teh hijau dan teh hitam. Jika teh hijau sudah terkenal akan manfaat sehatnya, maka teh hitam pun saat ini juga mulai naik daun karena kandungan sehat di dalamnya.

Menurut Anda mana yang lebih sehat, teh hijau atau teh hitam?

Dilansir dari indiatimes.com, teh hijau dinamakan begitu sebab daun tehnya tidak mengalami banyak proses fermentasi sehingga tetap membuatnya berwarna hijau serta kaya akan zat yang bernama EGCG (gallate epigallactocatechin). Zat alami ini sangat populer untuk memerangi kanker serta mencegah penyakit kardiovaskular lainnya. Selain itu teh hijau mengandung 1/4 dari kafein kopi yang biasanya. Berikut adalah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari minum teh hijau.

  • Membantu menurunkan berat badan dengan efektif
  • Teh hijau baik untuk mengobati insomnia atau kesulitan Anda untuk tidur
  • Teh hijau memiliki sifat detoksifikasi sehingga dapat membuat kulit lebih cantik
  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sedangkan di dalam teh hitam, zat EGCG ini hancur lewat proses fermentasi. Oleh karena itu jika melihat kualitas zat antioksidan di dalamnya maka teh hijau masih lebih baik dari teh hitam. Walaupun begitu inilah manfaat sehat dari teh hitam

  1. Mampu menghidrasi tubuh dengan baik
  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan sifat antioksidannya
  3. Meningkatkan aliran darah ke otak
  4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  5. Tinggi akan kafein sehingga dapat membuat Anda selalu terjaga.

Baca Juga : Obat Ginjal Bocor

Jadi, lebih sehat yang mana?

Meskipun kedua varian teh ini mengandung jenis antioksidan polifenol yang berbeda, manfaatnya bisa dibilang sama-sama baik untuk tubuh. Sedikit perbedaannya hanyalah terletak pada jumlah antioksidan, kandungan kafein, dan asam amino L-theanine.

Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan gizi atau kondisi kesehatan Anda. Bila Anda punya penyakit GERD atau refluks asam lambung misalnya, teh hijau bisa jadi pilihan yang lebih baik karena kafeinnya lebih sedikit.

Selebihnya, baik teh hijau maupun teh hitam punya khasiat yang serupa bagi kesehatan tubuh. Bahkan, teh hijau dan teh hitam bisa jadi pilihan yang tepat bila Anda sedang mencari minuman mengandung kafein yang tidak sekuat kopi. Maka itu, tidak ada salahnya untuk menyisipkan secangkir teh hijau atau teh hitam sebagai teman bersantai Anda.

Baca Juga : Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda

| Antara Teh Hijau Dengan Teh Hitam, Mana Yang Lebih Menyehatkan? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *