Benda Sehari-Hari Yang Ternyata Penuh Dengan Kuman

Tanpa kita sadari kita sering berinteraksi dengan kuman dan bakteri. Mereka menempel di tangan kita sepanjang hari. Lantas di mana saja bakteri paling banyak ditemukan? Inilah Benda Sehari-Hari Yang Ternyata Penuh Dengan Kuman.

Benda Sehari-Hari Yang Ternyata Penuh Dengan Kuman

Benda Sehari-Hari Yang Ternyata Penuh Dengan Kuman | Apa yang akan anda pikirkan pertama kali tatkala menyebut benda yang penuh kuman? Banyak dari kita yang langsung berpikir tentang toilet, tanah berlumpur, dan benda-benda yang terlihat jorok lainnya. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada cukup banyak benda yang sehari-hari kita gunakan dan terlihat bersih justru penuh dengan kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Berikut diantaranya :

  • Ponsel

Ponsel lebih kotor dari yang Anda bayangkan, bahkan kumannya lebih banyak dibanding dudukan toilet. Hal ini disebabkan karena ponsel sering kali diletakkan pada sembarang tempat. Tak jarang Anda juga membawa ponsel ke toilet untuk menemani kejenuhan sambil melakukan keperluan Anda.

  • Keyboard komputer dan laptop

Sama seperti ponsel, keyboard komputer dan laptop adalah benda yang paling sering Anda sentuh sehari-hari untuk bekerja. Banyak kuman yang menempel di keyboard berasal dari tangan Anda. Kuman bisa berasal dari benda lain yang Anda pegang, misalnya uang, meja, tas, dan sepatu. Selain itu, malas membersihkan keyboard juga menyebabkan banyak debu dan kotoran yang menempel.

  • Remote TV

Remote TV adalah benda yang digunakan hampir seluruh penghuni rumah Anda. Karena digunakan secara bergantian maka remote TV pastinya berisiko banyak kuman.

  • Gagang pintu

Gagang pintu adalah benda yang dipegang ribuan orang setiap harinya. Parahnya, bisa saja orang yang memegang gagang pintu sebelum Anda sedang batuk dan menutup mulut menggunakan tangannya. (Obat Penyakit Meningitis)

  • Spons cuci piring

Mencuci menggunakan spons cuci piring ibarat memindahkan kotoran dan kuman pada peralatan makan ke spons cuci piring. Tekstur spons yang berlubang membuat kotoran mudah terperangkap dan sulit dibersihkan. Ditambah kondisi lembap yang makin membuat kuman berkembang biak.

  • Mainan anak

Mainan, boneka, dan karpet alas main anak juga rentan menjadi sarang kuman. Perhatikan bagian mainan yang terbuat dari karet dan banyak lekuk, pastinya bisa berisiko menyebarkan kuman penyakit.

  • Uang

Uang yang kita pegang sekarang ini bisa jadi sudah pernah dipegang ribuan orang sebelumnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di New York University, disebutkan bahwa pada selembar uang kertas, kita bisa menemukan lebih dari 3 ribu jenis bakteri. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mencuci tangan setelah memegang uang atau sebelum makan.

  • Mesin ATM

Layaknya uang, mesin ATM juga dipegang oleh banyak orang. Dalam sebuah penelitian, tombol-tombol yang ada pada mesin ATM ini kaya akan kuman bacillus atau pseudomonas yang juga ditemui pada toilet umum. Sebagai informasi, kuman-kuman ini bisa menyebabkan diare.

Baca Juga : Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan

| Benda Sehari-Hari Yang Ternyata Penuh Dengan Kuman |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *