Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air

Air adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Tapi manusia seringkali malah mencemari air yang ada dilingkungan mereka. Hal ini tentu sangat berbahaya termasuk bagi kesehatan karena banyak penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar. Inilah Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air.

Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air

Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air | Pencemaran air menjadi salah satu masalah yang mengintai masyarakat saat ini. Sebelumnya, ada berbagai isu terkait kebersihan air yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selama ini. Padahal, masalah kebersihan air tidak jauh dari penggunaan bahan kimia yang dibuang ke sungai dan organisme tidak baik bagi tubuh yang juga dipengaruhi oleh manusia.

Baca : Cara Alami Mengobati Miom

Nah, dibawah ini adalah penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air, dan semua orang bisa terpengaruh. Namun bayi, anak-anak, lansia, dan wanita hamil, terutama mereka yang memiliki sistem imun lemah, sangat rentan terhadap penyakit akibat pencemaran air. Penyakit akibat pencemaran air, termasuk :

  • Kolera, disebabkan oleh bakteri vibrio chlorae saat Anda mengonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi oleh feses orang yang mengidap penyakit ini. Anda juga bisa terjangkit kolera jika Anda mencuci bahan makanan dengan air yang terkontaminasi. Gejala termasuk: diare, muntah, kram perut, dan sakit kepala.
  • Amoebiasis, atau Diare Pelancong, disebabkan oleh amoeba yang hidup di air tercemar. Amoeba ini mengakibatkan infeksi pada usus besar dan hati. Gejala termasuk diare berdarah dan berlendir, bisa ringan atau sangat parah.
  • Disentri, disebabkan oleh bakteri yang masuk dalam mulut melalui air atau makanan yang tercemar. Tanda dan gejala disentri termasuk demam, muntah, sakit perut, diare berdarah dan berlendir parah.
  • Diare, diare infeksi adalah salah satu penyakit paling umum akibat bakteri dan parasit yang berdian di air tercemar. Diare mengakibatkan feses encer/cair yang menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi, bahkan kematian pada anak dan balita.
  • Hepatitis A,disebabkan oleh virus hepatitis A yang menyerang hati. Biasanya menyebar melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi feses, atau melalu kontak langsung dengan feses dari pengidap.
  • Keracunan timbal, paparan kronis dari keracunan timbal bisa mengakibatkan kondisi medis serius, termasuk kerusakan organ, gangguan sistem saraf, anemia, dan penyakit ginjal.
  • Malaria, adalah virus yang disebarkan oleh parasit dari nyamuk Anopheles betina. Nyamuk berkembang biak di air. Tanda dan gejala malaria termasuk demam, sakit kepala, dan kedinginan menggigil. Jika dibiarkan, malaria bisa berujung pada komplikasi seperti pneumonia, anemia parah, koma, dan kematian.
  • Polio, adalah virus menular akut yang disebabkan oleh poliovirus. Polio menyebar melalui feses dari pengidap penyakit.
  • Trachoma (infeksi mata), akibat kontak dengan air tercemar. Setidaknya 6 juta orang pengidap trachoma mengalami kebutaan.

Itulah Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air. Tentunya cara yang paling penting untuk mencegah Anda terkena penyakit tersebut adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri, terutama tangan yang Anda pakai untuk makan.

Baca Juga : Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa

| Beragam Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Pencermaran Air |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *