Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda

Dengan bersepeda, selain dapat menjaga udara bebas polusi, tai juga dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Bahkan sebuah studi menyebut, manfaat bersepeda dapat mengurangi risiko serangan jantung dikemudian hari. Untuk itu, ayo Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda !!

Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda

Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda | Dalam sebuah studi di Denmark, 45.000 orang dewasa berusia 50 hingga 65 tahun yang rutin bersepeda memiliki risiko serangan jantung 18 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tak berolahraga. Hasil ini dibuktikan dalam penelitian panjang selama 20 tahun.

Peserta yang bersepeda sesuai dengan waktu yang direkomendasikan, yaitu 5 menit setiap hari atau 30 menit setiap minggu, selama lima tahun pertama, memiliki risiko 25 persen lebih rendah untuk mengembangkan penyakit jantung ketimbang mereka yang tidak berolahraga. (Walatra Bersih Wanita)

Selama penelitian, para peneliti juga melacak kebiasaan olahraga para peserta, tingkat aktivitas dan frekuensi naik sepeda, bersama dengan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, berat badan, kolesterol, merokok, pilihan diet, dan konsumsi alkohol. Secara keseluruhan, terjadi 2.892 kasus serangan jantung selama 20 tahun penelitian. Dan peneliti memperkirakan, lebih dari 7 persen kasus itu bisa dihindari dengan bersepeda selama 5 menit sehari. Dr Anders Grøntved, peneliti senior dari University of Southern Denmark mengatakan,

Olahraga bersepeda bagi sebagian orang sangat sulit dilakukan. Lebih mudah bila mempromosikan bersepeda sebagai moda transportasi.

Studi kedua, yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menemukan bahwa orang dewasa Swedia setengah baya dan lebih tua yang bersepeda ke tempat kerja, kurang mungkin untuk menjadi gemuk, memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau pra-diabetes, dibandingkan non-pengendara sepeda.

Manfaat Lain Dari Rutin Bersepeda :

  • Menambah kekuatan tubuh secara utuh

Disadari atau tidak, bersepeda merupakan latihan untuk keseluruhan tubuh. Ketika mengayuh pedal, otomatis Anda melatih kaki terutama paha depan dan belakang, serta gluts. Selain itu, bersepeda juga melatih otot tubuh bagian atas, abs, punggung bawah, dan inti. Lalu pada saat Anda mencengkeram stang, bahu dan lengan ikut terlatih.

  • Membantu memulihkan penyakit persendian

Bagi Anda yang memiliki masalah radang sendi, bersepeda dapat menjadi alternatif bila tetap ingin melakukan aktivitas fisik. Hal itu dikarenakan bersepeda memiliki risiko yang lebih rendah karena melibatkan otot-otot kaki tanpa tekanan berlebih. Selain itu, lantaran tidak ada tekanan pada punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, bersepeda bisa menjadi latihan sementara bagi mereka yang baru saja mengalami cedera.

  • Mengurangi stres

Bersepeda dapat meningkatkan endorfin di dalam tubuh. Tindakan berulang dari mengayuh pedal merupakan cara untuk menghilangkan stres karena irama yang tercipta. Selain itu, saat bersepeda Anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang berguna meredakan stres pikiran.

  • Peningkatan energi

Berkaitan dengan manfaat di atas, peningkatan kesehatan kardiovaskular memengaruhi peningkatan stamina secara keseluruhan. Jika latihan ketahanan ini dilakukan secara rutin, maka saat bersepeda jarak jauh Anda tidak terlalu sering mengalami kelelahan otot atau stres pada persendian. Dengan bersepeda jarak jauh, tubuh otomatis menggunakan energi yang tersimpan dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini berpengaruh pada stamina yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih antusias, dan kehidupan yang lebih produktif.

Baca Juga : Menurut Peneliti Pria Jomblo Cenderung Lebih Cepat Meninggal

| Cegah Penyakit Kardiovaskular Dengan Rutin Bersepeda |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *