Daftar Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Saat bulan Ramadhan, ada kalanya kendala untuk berolahraga muncul karena berpuasa. Namun sebenarnya, ada beberapa Daftar Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat PuasaBeberapa olahraga yang bisa dilakukan saat puasa ini dianjurkan bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Daftar Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Daftar Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa | Puasa merupakan salah satu ibadah umat Islam yang wajib dilakukan ketika Ramadan. Ketika berpuasa, umat Islam di siang hari tidak makan dan minum hingga masuk waktu magrib. Dengan demikian, umumnya terdapat perubahan kebiasaan atau aktivitas dibandingkan hari-hari biasanya. Meskipun demikian, puasa seharusnya tidak menghalangi rutinitas Anda, termasuk bagi mereka yang senang berolahraga.

Berikut ini ada jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan ketika puasa. Tentunya, olahraga ini dilakukan di waktu yang tepat, misalnya beberapa jam setelah sahur dan salat subuh atau di sore hari menjelang berbuka puasa :

  • Bowling

Bowling termasuk salah bentuk olahraga. Namun olahraga ini tidak terlalu melelahkan bahkan menyenangkan sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Cara ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan berbuka puasa bersama yang tidak membosankan.

  • Berkebun

Bagi Anda yang jarang mengurus sendiri kebun di rumah, mungkin bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bisa saja Anda jadi gemar berkebun setelah mencoba. Menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas.

  • Memasak

Banyak keluarga yang menyediakan hidangan spesial pada saat bulan puasa. Meski Anda selalu bisa memesan atau membeli di luar, tak ada salahnya untuk menyediakannya sendiri di rumah. Jika memang ada waktu, sempatkanlah untuk berbelanja dan memasak sendiri masakan berbuka favorit keluarga. Bila pada hari biasa Anda sibuk bekerja, kegiatan ini bisa dilakukan pada akhir minggu.

  • Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka. ( Obat Radang Kelenjar Prostat )

  • Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

  • Naik Turun Tangga

Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

  • Jogging/Treadmill Ringan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukanjogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

  • Berbelanja

Wanita mana yang tak suka berbelanja? Dengan mengelilingi pusat perbelanjaan atau bahkan pasar tradisional tentu saja Anda sudah berolahrga dengan cara yang menyenangkan. Namun perhatikan pula pengeluarannya. Jangan sampai terlalu hanyut dalam godaan diskon menjelang hari raya.

  • Berjalan dan Berlari kecil

Cara yang paling mudah untuk berolahraga ringan adalah dengan berjalan-jalan atau berlari kecil di sekitaran rumah. Bisa dilakukan saat perjalanan membeli hidangan berbuka atau setelah sahur saat badan dan udara masih segar.

Baca Juga : Area Tubuh Yang Menunjukan Penuaan Lebih Dulu

| Daftar Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *