Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata

Sudah menjadi rahasia umum jika asap rokok bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru, jantung, hati dan memicu datangnya penyakit berbahaya seperti stroke atau kanker. Namun tahukah anda, ternyata asap rokok juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata? Inilah Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata.

Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata

Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata | Merokok, aktivitas yang semakin hari semakin mengundang antipasti. Dimana-mana kampanye tentang anti-rokok terusa didengungkan. Mulai dari aktivis hingga ibu-ibu rumah tangga, semuanya bergerak maju ke depan. Terutama ketika suaminya menjadi perokok kelas berat.

Memang, dari sebatang rokok yang terdiri dari kertas, filter dan tembakau, tersembunyi dampak negatif bagi kesehatan manusia, baik merokok maupun yang tidak merokok. Salah satu pengaruhnya akan terasa pada kesehatan mata. Hanya terkena asapnya saja, sang penderita akan mengalami mata perih dan merah. Berdasarkan keterangan yang diambil dari situs alodokter, diperkirakan bahwa asaop rokok mengandung 7000 jenis bahan kimia, dan ratusan diantaranya dianggap berbahaya, termasuk karbon monoksida dan amonia. Dan berikut bahaya asap roko pada kesehatan mata :

  • Menyebabkan katarak

Katarak adalah kondisi dimana lensa mata mengalami kekeruhan. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu kebutaan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mata yang kerap terpapar asap rokok cenderung mengalami peningkatan risiko terkena katarak hingga 2 kali lipat.

  • Memicu degenerasi macula

Degenerasi macula adalah masalah kesehatan yang menyerang bagian macula yang ada pada retina mata. Penyakit yang belum ada obatnya ini bisa memicu hilangnya penglihatan. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan merokok atau mata yang kerap terpapar asap rokok bisa meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan ini hingga 3 kali lipat.

Baca Juga : Obat Herbal Wasir

  • Menyebaban uveitis

Racun di dalam asap rokok bisa meningkatkan resiko terkena Uveitis hingga 2 kali lipat. Sebagai informasi, penyakit ini terjadi karena adanya peradangan di lapisan tengah mata dan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara total.

  • Menyebabkan mata kering

Saat kita terpapar asap rokok, mata akan terasa lebih pedih karena asap rokok memang bisa menurunkan kelembaban pada mata dengan signifikan sehingga menyebabkan mata kering. Mata pun akan menjadi lebih merah dan terasa lelah.

  • Buruk bagi penglihatan janin di dalam kandungan

Ibu hamil yang tetap merokok atau menjadi perokok pasif berisiko besar menyebabkan gangguan kesehatan pada janin di dalam kandungan, termasuk dalam hal tidak sempurnanya kondisi kesehatan mata bayi saat terlahir nantinya. Tak hanya menyebabkan masalah mata juling, ada kemungkinan saraf penglihatan bayi tidak berkembang yang tentu akan membuat penglihatan janin terganggu.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Ini Untuk Redakan Amarah Anda

Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *