Deretan Makanan Yang Justru Bikin Kulit Makin Berminyak

Selain akibat perawatan kulit yang salah, ada juga penyebab lain yang bisa membuat kulit jadi mengkilap minyak. Ya, memang ada beberapa makanan penyebab kulit berminyak. Makanan tersebut bisa mendorong produksi minyak di wajah Anda. Inilah Deretan Makanan Yang Justru Bikin Kulit Makin Berminyak.

Deretan Makanan Yang Justru Bikin Kulit Makin Berminyak

Deretan Makanan Yang Justru Bikin Kulit Makin Berminyak | Setiap individu memang memiliki tipe kulit yang berbeda. Ada yang cenderung kering, berminyak, atau kombinasi seperti ada beberapa bagian yang kering dan berminyak. Umumnya kulit berminyak memang rentan akan jerawat, terlebih kebiasaan merawat kulit dan penggunaan makeup pada wanita sangat mempengaruhi kesehatan kulit manusia.

Kulit adalah bagian tubuh terbesar yang membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatannya,” kata ahli kulit, Dr. Arleen Lamba.

Seperti dikutip laman Bustle, ditulis Selasa (13/9/2016) adapun satu faktor yang sangat mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak dan berjerawat yaitu pola diet khususnya pada jenis makanan berikut ini yang mampu membuat produksi sebum meningkat pesat.

  • Makanan berlemak tak jenuh

Studi menemukan bahwa pengonsumsian makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 rentan akan jerawat. Seperti jenis makanan yang digoreng dengan minyak banyak–kentang goreng dan keripik–memiliki jumlah asam lemak omega-6 yang besar dan mendatangkan malapetaka bagi kulit Anda.

Ini tidak mengherankan bahwa lemak dan minyak dalam makanan juga menyebabkan kulit berminyak,” kata Dr Lamba.

  • Susu

Konsumsi susu yang tak terkontrol sering dikaitkan dengan peningkatan jerawat dan mampu menyumbat pori-pori yang memicu jerawat. Lambda menyarankan beralih ke produk alternatif seperti susu almond. Walatra Berry Jus

  • Alkohol

Selain mampu membuat kulit kering, mengonsumsi minuman atau makanan beralkohol akan membuat kulit rentan dengan jerawat.

Ketika Anda mengonsumsi alkohol, indeks panas tubuh akan naik, yang membuat tubuh lebih hangat namun berkeringat lebih,” kata Lamba.

Saat tubuh berkeringat akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan jerawat. Lamba menyarankan untuk selalu mencuci wajah usai mengonsumsi minuman beralkohol untuk menghindari kerugian tersebut.

  • Karbohidrat olahan

Makanan seperti roti, nasi putih, dan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya akan meningkatkan produksi minyak meningkat dan menghasilkan jerawat pada wajah.

  • Gula

Selain mempengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi gula berlebih mampu merusak kulit.

Gula tidak hanya meningkatkan lingkar pinggang kita, tetapi juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya kelenjar minyak pada kulit,” kata Lamba.

  • Gorengan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Dermato-Endocrinology, konsumsi asam lemak omega-6 (seperti yang terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko peradangan dan jerawat.

Karena itu, jika tak ingin jerawat menghiasi wajah, hindarilah makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan (deep fried).

  • Beras dan gandum putih

Beras dan gandum putih (seperti tepung terigu) umumnya mengandung serat yang baik untuk tubuh. Sayangnya, ketika diproses untuk diolah, kedua sumber makanan tersebut banyak yang kehilangan serat dan nutrisinya.

Beras dan gandum putih juga mengandung indeks glikemik tinggi yang akan berimbas pada gula darah Anda. Nah, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan tinggi glikemik dapat membuat kulit memproduksi minyak dan jerawat berlebih. Untuk menurunkan indeks glikemik, gantilah nasi putih dengan nasi merah dan pilih roti yang dibuat dari gandum utuh (whole wheat).

Baca Juga : Obat Mata Rabun Dekat | Kesalahan Dalam Perawatan Kulit Wajah Yang Jarang Disadari Wanita

| Deretan Makanan Yang Justru Bikin Kulit Makin Berminyak |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *