Gejala Ini Akan Dialami Tubuh Saat Kekurangan Vitamin

Karena pola makan yang tidak seimbang dan gaya hidup yang kurang sehat, tanpa disadari kita tidak mampu memenuhi asupan vitamin tubuh dengan cukup. Hal ini ternyata bisa menimbulkan gejala-gejala kesehatan yang patut untuk diwaspadai. Gejala Ini Akan Dialami Tubuh Saat Kekurangan Vitamin.

Gejala Ini Akan Dialami Tubuh Saat Kekurangan Vitamin

Gejala Ini Akan Dialami Tubuh Saat Kekurangan Vitamin | Masalah kurang gizi tidak hanya bisa terjadi di masyarakat kelas bawah atau suku di pelosok pedalaman. Bahkan orang sehat di perkotaan pun bisa kekurangan vitamin dan nutrisi penting. Apalagi jika Anda tergolong sibuk atau tidak makan makanan seimbang secara teratur. Berikut yang akan dialami tubuh saat kekurang asupan vitamin :

  • Rambut kering dan rapuh

Jika anda mengalami masalah rambut kering dan rapuh yang tak kunjung mereda, maka hal ini menandakan bahwa tubuh kekurangan asupan zat besi dan protein. Sementara itu, masalah rambut rontok menandakan kurangnya asupan vitamin D. Untuk mengatasinya, sering-seringlah mengkonsumsi produk susu, ikan salmon, ikan tuna, bayam, dan rajin berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

  • Kulit kering dan mudah memar

Jika kulit kita cenderung kering, seringkali hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A dan E. Sementara itu, kerap mengalami memar-memar menandakan kurangnya asupan vitamin E. Perbanyaklah konsumsi brokoli, sayuran hijau, alpukat, tomat, wortel, dan produk susu untuk mengatasinya.

Baca Juga : Obat Rahim Kecil

  • Kerap terkena sariawan

Bukan karena kekurangan vitamin C, kerap terkena sariawan justru menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin B12, zat besi, seng, dan asam folat. Perbanyaklah asupan daging, produk susu, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk mengatasinya.

  • Kuku rapuh

Jika kuku cenderung rapuh dan mudah patah, ada baiknya kita memperbanyak asupan makanan yang kaya vitamin A, C, serta biotin yang ada di dalam produk susu, wortel, buah-buahan, kedelai, kacang-kacangan dan telur.

  • Kerap mengalami kram otot

Jika mengalami kram otot baik itu di tangan atau kaki, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan mineral layaknya seng, potassium, kalsium, dan magnesium. Kerap mengalami otot berkedut juga menandakan kurangnya asupan kalsium dan magnesium. Sementara itu, kerap kesemutan biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12.

  • Peradangan Gusi

Gusi berdarah terwujud akibat tubuh kamu kekurangan vitamin C. Yuk lengkapi asupan vitamin C dengan makan lebih banyak buah-buahan seperti jeruk, Jambu, dan strobery.

  • Mudah Lelah Dan Pusing

Kekuraangan vitamin seperti vitamin B12 akan menyebabkan lelah yang amat sangat. Bahkan lelah ini pun kadang datang saat anda bangun tidur di pagi hari. Tugas vitamin penting sekali seperti menyalurkan oksigen ke organ vital dalam tubuh sepeeti otak. Nah saat proses ini terhalang atau tidak stabil maka anggota tubuh secara perlahan akan kehilangan kendali seperti pusing hingga mati rasa.

Nah, itulah beberapa tanda tubuh jika kekurangan asupan vitamin. Sebaiknya anda mulai perhatikan asupan vitamin agar tubuh anda tetap sehat dan bugar demi menjalani aktivitas harian.

Baca Juga : Flu Pada Lansia Bisa Memicu Serangan Jantung

Gejala Ini Akan Dialami Tubuh Saat Kekurangan Vitamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *