Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memperburuk Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang dapat dikelola, asalkan anda dapat menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat dalam kehidupan anda. Sebaliknya, kebiasaan, perilaku yang tidak sehat dapat memperburuknya. Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memperburuk Diabetes

Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memperburuk Diabetes

Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memperburuk Diabetes | Diabetes merupakan penyakit yang menyerang secara diam-diam karena tanpa gejala dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya. Orang yang telah didiagnosa diabetes juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat memperburuk diabetes.

Pasien diabetes harus mampu mengelola pemyakitnya agar tidak semakin parah. Berbagai penelitian telah mengkaitkan antara diabetes dengan risiko penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, ginjal, mata, serta masalah pada kulit dan mulut.

Diabetes dapat dikelola dengan mengubah gaya hidup seperti berhenti merokok, menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi makanan manis, dan memperbanyak aktivitas fisik. Pasien diabetes juga harus menghindari beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi diabetes, berikut diantaranya :

  • Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan adalah kebiasaan diet yang tidak sehat bagi siapa pun pada umumnya. Namun, itu bahkan lebih buruk untuk penderita diabetes karena jika mereka tidak makan secara teratur, dapat mengakibatkan kadar gula darah rendah, menyebabkan gejala yang tidak diinginkan. (Obat Pereda Nyeri Haid)

  • Mengonsumsi lemak berlebihan

Tips diet untuk penderita diabetes termasuk menghindari lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan pembentukan kolesterol. Diabetes ditambah dengan kolesterol bisa sangat berbahaya!

  • Mengonsumsi daging berlebihan

Kebiasaan lain yang tidak sehat bagi pasien diabetes adalah makan daging berlebihan. Daging kaya akan kandungan protein, dan protein dapat lebih memperburuk keseimbangan glukosa darah, terutama jika itu adalah daging merah.

  • Kekurangan gizi

Hal ini penting bagi pasien diabetes untuk mengikuti diet seimbang. Mereka harus mendapatkan semua nutrisi seperti karbohidrat, mineral, vitamin, dalam jumlah yang sama. Bahkan jika salah satu nutrisi yang dikonsumsi terlalu kurang atau lebih, dapat memperburuk gejala diabetes.

  • Mengabaikan rasa lapar

Selain itu kebiasaan lainnya yang tidak sehat bagi penderita diabetes dan harus dihindari adalah mengabaikan rasa lapar mereka atau telat makan. Kebiasaan ini dapat segera menurunkan tingkat gula darah dan menyebabkan kondisi yang disebut syok hipoglikemik, di mana orang tersebut bahkan bisa mengalami kejang dan kematian.

  • Makan larut malam

Makan terlalu larut malam, hampir dekat dengan waktu tidur, juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga memperburuk gejala diabetes.

Baca Juga : Makanan Pedas Turunkan Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung

| Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Memperburuk Diabetes |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *