Ini Alasan Mengapa Pria Juga Perlu Mencoba Yoga

Banyak orang masih beranggapan bahwa yoga adalah olahraganya kaum hawa. Terlalu lemah, dan bikin tubuh fleksibel mungkin menjadi alasan laki-laki tidak memilih yoga. Padahal yoga ternyaa menyimpan manfaat baik khusus untuk pria. Ini Alasan Mengapa Pria Juga Perlu Mencoba Yoga.

Ini Alasan Mengapa Pria Juga Perlu Mencoba Yoga

Ini Alasan Mengapa Pria Juga Perlu Mencoba Yoga | Yoga dianggap sebagai olahraga yang ringan dan lembut sehingga lebih cocok untuk wanita. Alasan dari miskonsepsi ini adalah gerakan-gerakan yoga identik dengan peregangan. Berbeda dengan angkat beban yang seolah menonjolkan kekuatan, atau sepak bola yang menuntut kecekatan dan penuh adrenalin.

Padahal yoga bisa lebih dari itu. Ada berbagai gaya yoga yang dapat Anda pilih, dari gentle yoga yang sederhana hingga Ashtanga yoga yang memompa keringat sekaligus jantung. Selain itu, bukti-bukti menunjukkan bahwa yoga juga efektif dalam meningkatkan kekuatan dan membangun otot. Jika Anda seorang pria dan selama ini ragu-ragu dengan yoga, mungkin alasan-alasan ini dapat membuat Anda lebih yakin:

  • Menurunkan berat badan dan mengencangkan otot

Dalam sebuah studi yang dimuat di Journal of Alternative Medicine, pada pria overweight yang melakukan yoga, berat badannya dapat turun hingga 2 kilogram dalam 10 hari. Tak hanya itu, pose-pose yoga yang bertumpu pada berat badan sendiri membuatnya bagus untuk mengencangkan otot.

  • Membenahi stamina

Stamina tubuh dapat lebih menguat karena yoga, baik dalam hal fisik, fisiologis, dan mental. Seseorang yang rutin yoga pun tidak akan gampang lemas dan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

  • Menenangkan pikiran

Latihan pernapasan dalam yoga, atau pranayama, telah dipraktikkan selama ribuan tahun untuk menenangkan pikiran. Saat melakukan pranayama, tekanan darah serta denyut jantung akan menurun. Hal ini dapat membuat konsentrasi lebih baik selama melakukan yoga, dan tentunya akan membuat diri lebih tenang sepanjang hari.

  • Menyokong kesehatan tulang

Beberapa studi telah memperlihatkan bahwa yoga dapat menyusutkan risiko osteoporosis. Ini sebenarnya tidak mengherankan. Yoga memiliki banyak pose yang bagus untuk meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas secara keseluruhan, sehingga ikut menunjang kesehatan tulang.

  • Mengatasi nyeri punggung kronis

Salah satu penyebab nyeri punggung kronis ini adalah pola hidup sedenter. Misalnya, duduk di meja sepanjang hari bagi pekerja kantoran. Beberapa penelitian menemukan yoga dapat menangani nyeri punggung, fibromyalgia, dan jenis-jenis nyeri kronis lainnya.

  • Memperbaiki performa seksual

Seperti yang telah dijelaskan, yoga dapat membuat tubuh makin fleksibel serta tingkat stres menurun. Dua hal ini akan membantu performa di ranjang menjadi lebih baik. Selain itu, yoga dapat mengatur aliran darah sehingga berpengaruh terhadap nyalanya gairah seksual. ( Obat Herbal Arteriosklerosis )

  • Mendongkrak rasa percaya diri

Yoga dapat membantu pria untuk lebih percaya diri, terutama bagi mereka yang sudah berumur. Otot yang kuat dan fleksibilitas yang meningkat dapat memperbaiki postur. Dan bagi pria, postur tubuh yang tegap akan membuatnya tampak lebih kokoh serta percaya diri.

  • Menghindari cedera

Sebagian besar kelas yoga dimulai dengan latihan mental, seperti bagaimana cara mencintai tubuh, mengetahui kebutuhan tubuh dan batasannya. Hal ini membantu pria untuk lebih sadar akan tubuh sendiri sehingga dapat mengurangi insiden cedera saat melakukan olahraga lainnya. Ditambah, fleksibilitas yang didapat dari yoga akan mempercepat pemulihan nyeri setelah berolahraga.

  • Mengontrol pola makan

Menurut studi yang dilakukan tahun 2014, rutin melakukan yoga dapat membantu mengontrol pola makan. Seseorang yang rutin yoga lebih hati-hati saat makan. Mereka lebih banyak makan buah dan sayur ketimbang seseorang yang tidak melakukan yoga.

Nah, itulah alasan mengapa anda para pria harus mencoba yoga. Anda hanya perlu matras, pakaian yang nyaman dan pikiran yang terbuka untuk memulai yoga. Sekian dan selamat mencoba.

Baca Juga : Bahaya Akibat Sering Melewatkan Sahur Saat Puasa

| Ini Alasan Mengapa Pria Juga Perlu Mencoba Yoga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *