Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa

Di bulan Ramadhan, umat muslin diwajibkan untuk berpuasa. Saat berpuasa kita memang akan merasa lapar serta haus. Tapi pernahkah mulut anda terasa pahit saat berpuasa. Jika iya, tahukah anda apa penyebabnya. Ternyata Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa.

Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa

Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa | Saat sedang puasa mulut akan sering mengalami kering hingga bagian bibir pecah-pecah dan mengelupas. Selanjutnya, sariawan juga sering muncul karena kita kerap mengalami dehidrasi dan kekurangan vitamin C yang sangat baik untuk daya tahan tubuh.

Selain gangguan bibir mengelupas dan sariawan, kita juga sering mengalami gangguan berupa mulut yang sangat pahit. Meski tidak sedang makan pare atau makanan pahit lain, lidah dan permukaan lain dimulut terasa pahit dan kadang asam berlebihan sehingga kita sering tidak tahan dengan kondisi ini. Berikut adalah beberapa faktor penyebab mulut terasa pahit saat berpuasa :

  • Kurang asupan cairan

Rasa pahit di lidah terjadi karena produksi air liur yang berkurang akibat tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Kelenjar liur dalam mulut menjadi kering karena tubuh “terpaksa” untuk memusatkan penumpukan cairan di tempat lain yang lebih membutuhkannya. Akibatnya, jumlah oksigen di mulut juga ikut menurun sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap dan rasa pahit di lidah.

  • Jarang gosok gigi

Mulut merupakan rongga yang hangat dan lembap, tempat yang ideal untuk bakteri bertumbuh kembang. Jika Anda tidak teratur menyikat gigi dan membersihkannya secara teratur, maka bakteri dan kuman bisa berkumpul di mulut. Hasilnya bisa berupa masalah gigi dan gusi seperti gingivitis, periodontitis, dan infeksi gigi. Nah, ini mungkin yang menjadi penyebab mulut Anda terasa pahit saat puasa.

  • Asam lambung naik

Perut yang kosong selama seharian bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari selama berpuasa. Gejala utama dari asam lambung naik, dikenal sebagai GERD dalam dunia medis, meliputi rasa asam atau pahit di mulut. Ini disebabkan oleh aliran balik dari cairan asam dalam lambung yang naik ke kerongkongan. (Obat Miom Herbal)

  • Berhenti merokok

Puasa umum dijadikan sebagai momen untuk berhenti merokok bagi sebagian besar orang. Tapi siapa yang menyangka bahwa ternyata niat baik ini justru yang mungkin menjadi penyebab di balik keluhan mulut pahit selama Anda berpuasa.

Paparan zat kimia dari rokok yang selama ini diterima oleh tubuh Anda pada akhirnya merusak sistem saraf yang ada di lidah, yang bertugas untuk membedakan mana rasa asin, asam, manis, dan pedas dari setiap makanan yang Anda kudap. Rokok juga bisa merusak struktur papila, bintil-bintil kecil di atas permukaan lidah yang menerima rangsangan saraf dari luar.

Pada akhirnya, merokok akan menurunkan kemampuan pengecap Anda bahkan jauh setelah Anda menghentikan kebiasaan ini. Dengan kata lain, perasaan mulut asam dan pahit yang Anda rasakan saat puasa adalah imbas dari kebiasaan merokok Anda selama ini.

  • Sedang hamil

Mulut yang terasa pahit atau asam adalah salah satu gejala kehamilan umum selama trimester pertama. Sensasi ini bahkan bertahan selama Anda makan dan selama berpuasa.

Baca Juga : Peneliti Klaim Orang Berkacamata Cenderung Lebih Pintar

| Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Sedang Puasa |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *