Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang

Bila Anda mengalami patah tulang, mungkin Anda akan diminta untuk menjalani operasi. Namun, selain pengobatan yang dilakukan tim medis, Anda juga bisa melakukan hal lain untuk mempercepat penyembuhan tulang yang patah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang tepat. Inilah Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang.

Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang

Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang | Dalam beberapa kasus, cedera yang dialami seseorang bisa berujung pada kondisi patah tulang. Bisa juga tulang yang keropos menjadikannya rapuh, sehingga bisa remuk saat cedera. Ada beberapa jenis fraktur atau patah tulang, antara lain fraktur sederhana di mana tulang patah menjadi dua bagian, fraktur terbuka yang menonjol keluar dari permukaan kulit, fraktur stres (retak), atau fraktur greenstick di mana satu sisi tulang patah dan sisi lainnya bengkok. Masing-masing bisa menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar jika tidak segera ditangani dengan benar.

Patah tulang idealnya ditangani oleh tenaga medis profesional. Tindakan yang biasa diambil antara lain pemasangan gips, pemakaian sling atau perban khusus, dan operasi untuk memasang pelat penyangga. Setelah penanganan selesai, biasanya pasien dibekali dengan obat untuk meringankan rasa sakit dan membantu proses penyembuhan patah tulang. Namun akan lebih baik lagi jika obat-obatan ini didukung dengan nutrisi yang baik, terutama yang mengandung protein, vitamin, dan mineral penguat tulang.

Berikut ini beberapa bahan makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk membantu penyembuhan patah tulang.

  • Susu

Beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa susu merupakan sumber yang kaya akan protein dan kalsium. Tentu saja ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan proses penyembuhan akan lebih cepat.

  • Brokoli

Sayuran hijau, khususnya brokoli punya kandungan vitamin K yang begitu besar. Vitamin K berguna dalam membangun massa tulang dan menyembuhkan segala jenis cedera patah tulang.

  • Jeruk

Rasa sakit ketika patah tulang disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dalam jeruk dapat membantu meredakan rasa sakit. Selain itu, jeruk juga bisa menaikkan pertumbuhan massa tulang dan mendorong sistem kekebalan tubuh untuk lebih kuat.

  • Yogurt

Asam amino dalam yogurt, seperti lisin dan glutamin, berfungsi dala, penyerapan kalsium. Yogurt juga memiliki protein dan fosfor yang dapat membantu dalam meningkatkan proses penyembuhan patah tulang.

  • Biji labu dan bayam

Bayam dan biji labu memiliki jumlah seng yang tinggi. Dalam proses penyembuhan patah tulang dibutuhkan seng agar dapat pulih dengan cepat.

  • Tomat

Tomat bermanfaat dalam membangun kembali jaringan pada tulang dan menaikkan produksi kolagen untuk memperbaiki kulit Anda. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi tomat secara teratur.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Organik Bisa Turunkan Risiko Kena Kanker?

| Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *