Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop

Ada orang yang tubuhnya mudah sekali memproses metabolisme, yang disebabkan oleh faktor genetik. Namun, metabolisme juga dipengaruhi faktor-faktor lain seperti usia, berat badan, dan pola makan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hindari beberapa Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop dibawah ini.

Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop

Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop | Cara yang sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjaga kelancaran sistem metabolisme tubuh. Tingkat metabolisme ini dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk usia, berat badan, dan genetika, tetapi dapat pula disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat. Kesalahan kecil yang Anda lakukan di pagi hari pun memiliki dampak yang besar terhadap kinerja sistem metabolisme tubuh sepanjang hari. Anda perlu menghindari kesalahan-kesalahan ini di pagi hari agar metabolisme tubuh tetap terjaga seharian penuh, diantaranya :

  • Sarapan terlalu siang

Niatnya sarapan, tapi sudah hampir waktunya makan siang. Ini kebiasaan yang kurang baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, karena akan memperlambat metabolisme. Ketika Anda tidak makan pagi, otak akan mengirimkan pesan ke seluruh tubuh untuk menghemat tenaga, dan memberi tanda untuk menahan simpanan lemak yang sebenarnya ingin Anda enyahkan. Idealnya, sarapan dilakukan satu jam setelah bangun tidur. Kebiasaan ini dapat memicu proses metabolik, yang mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Pilih menu sarapan kaya protein dengan kalori di bawah 350.

  • Tidak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi

Makanan yang mengandung zat besi diperlukan untuk membawa oksigen yang diperlukan otot-otot untuk membakar lemak, demikian menurut Tammy Lakatos, RD, pakar diet dari Georgia State University. Apalagi, perempuan akan kehilangan zat besi setiap bulan ketika menstruasi. Nah, kalau Anda tidak memasok kembali simpanan zat besi dalam tubuh, Anda akan berisiko kehilangan energi dan memperlambat metabolisme. Tambahkan zat besi untuk menu sarapan Anda, seperti daging sapi tanpa lemak, kerang-kerangan, serealia, bayam, atau kacang-kacangan. ( Obat Herbal Kelainan Hormon )

  • Tidak berolahraga

Anda akan terus membakar kalori hingga 24 jam setelah berolahraga. Studi menunjukkan bahwa olahraga pada pagi hari dapat membakar lebih banyak kalori daripada jika Anda latihan pada jam-jam lain. Kalau Anda tetap berencana untuk latihan, lakukan pada pagi hari untuk memaksimalkan pembakaran kalori. Lakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi untuk mengaktifkan gen pembakar lemak, sehingga pembakaran kalori paska latihan akan meningkat hingga 100-200 kalori.

  • Bangun terlalu cepat

Bangun pagi lebih cepat memberikan banyak manfaat. Anda punya lebih banyak waktu untuk sarapan atau berolahraga. Namun, ternyata hal seperti itu mampu memengaruhi metabolisme tubuh. Terutama jika mengurangi waktu tidur di malam hari. Tidur kurang dari tujuh jam sehari mengaktifkan hormon rasa lapar dan stres. Ini membuat tubuh membentuk lemak. Untuk itu, ada baiknya buatlah tidur malam menjadi lebih efektif. Setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur tanpa terganggu. ( Obat Tulang Keropos )

  • Tidak cukup minum air putih

Minum air putih di pagi hari merupakan kebiasaan baik yang merangsang fungsi metabolisme sepanjang hari. Sehingga, penting bagi Anda untuk minum air putih di pagi hari. Ini karena proses tidur, tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini menyebabkan ketika bangun, terkadang Anda akan merasa dehidrasi. Sehingga, penting untuk minum air putih di pagi hari. Jika ingin memberi nutrisi lebih, ada baiknya meminum air hangat perasan lemon.

  • Kopi yang tidak sehat

Kopi merupakan minuman pagi paling populer. Ini memberikan energi, serta membantu menyingkirkan kantuk di pagi hari. Namun, menambahkan gula, sirup, atau krim merupakan cara salah konsumsi kopi di pagi hari. Yang paling baik di pagi hari adalah mengkonsumsi kopi hitam tanpa tambahan apapun.

  • Stres berangkat kerja

Macet dan lalu lintas yang padat memang membuat stres. Namun, ini juga membuat metabolisme Anda menurun. Ini karena tingkat kortisol menjadi naik dan bisa berlangsung sepanjang hari. Ketika stres tidak terkontrol, ini bisa mencegah otot membantu memecah lemak. Sehingga, penting selama perjalanan menuju tempat kerja untuk tetap rileks dan menghindari situasi yang menyebabkan stres.

Baca Juga : Meski Sebentar, Menurut Penelitian Tidur Siang Bisa Bikin Pintar

| Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *