Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan

Sebagian besar orang memilih air kelapa untuk diminum pasca keracunan makanan. Hal ini memang baik untuk dilakukan mengingat air kelapa adalah bahan makanan yang bisa dengan cepat menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang saat keracunan makanan. Tapi tidak hanya air kelapa, ada juga beberapa Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan.

Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan

Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan | Makan sembarangan bisa menimbulkan keracunan, apalagi jika makanan tersebut tidak bersih dan terkontaminasi dengan kuman penyakit. Biasanya, jika Anda mengalami keracunan makanan, gejala yang akan timbul seperti muntah, diare, hingga sakit perut. Gejala keracunan makanan umumnya akan bertahan sekitar 48 jam dan setelahnya menghilang. Meski begitu untuk mengatasi keracunan makanan supaya tubuh benar-benar pulih, Anda tidak bisa sembarangan makan lagi. Ada beberapa hal yang wajib Anda konsumsi setelah keracunan makanan, apa saja? Berikut diantaranya :

  • Sayuran rebus

Mengganti pola makan dengan makan makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Dengan cara ini, tubuh dapat memperoleh kembali nutrisi. Anda hanya perlu merebus beberapa sayuran dan menambahkan bumbu yang diperlukan, dan memakai minyak zaitun untuk memberi rasa pada makanan. Selain direbus, sayuran juga disajikan dengan cara dipanggang.

  • Minum air putih dan air kelapa hijau

Salah satu gejala utama keracunan makanan adalah dehidrasi yang biasanya diawali dengan muntah-muntah. Akibatnya karena tubuh cenderung kehilangan banyak air dan makanan karena muntah terlalu sering. Itulah sebabnya, penting untuk menenangkan perut dengan mengkonsumsi es buah yang dingin, dan jus buah segar misalnya untuk membantu juga mencegah sisa rasa busuk yang berkembang di mulut. Rasa busuk ini yang membuat kesulitan untuk makan dan minum apa pun. Beralih ke minuman manis seperti air kelapa hijau, garam dan larutan gula dengan jus lemon untuk mengatasi dehidrasi patut untuk dicoba. Minum jus buah, dan mencoba untuk menghindari soda dan minuman seperti kopi yang mungkin menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

  • Sup ayam

Juga dianjurkan untuk memasukkan makanan ringan seperti roti panggang, semangkuk bubur atau sup ayam. Sup ayam kaya akan gizi dan memiliki sifat obat.

  • Yogurt

Yogurt juga baik untuk kesehatan, dan ringan untuk dikonsumsi. Terutama mereka yang menderita gangguan perut.

  • Madu

Madu bisa menjadi pilihan yang tepat saat Anda sedang mengalami keracunan makanan. Dibandingkan air kelapa, madu cenderung lebih mudah diperoleh dan umum sebagai bahan makanan yang disimpan di rumah, sehingga memilih madu setelah Anda mengalami keracunan makanan bisa jadi pilihan yang tepat. (Obat Herbal Keloid)

Madu memiliki kandungan gula alami dan cukup mudah dicerna. Tidak hanya itu, madu juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menggantikan kebutuhan elektrolit yang hilang dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada madu, juga mampu memberikan kekebalan tubuh, sehingga tubuh cenderung lebih mudah pulih pasca keracunan makanan.

  • Sereal

Sereal dengan tambahan bahan cair yang mudah cerna, misalnya air madu atau susu rendah lemak, akan menjadi pilihan makanan yang kaya cairan, mudah cerna dan mudah serap dalam tubuh. Sereal juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, serta kalori yang cukup untuk menggantikan energi yang hilang dalam tubuh pasca keracunan makanan. Usahakan memilih sereal sebagai pengganti nasi agar penyerapan gizi dari makanan bisa semakin maksimal dan tubuh akan cepat pulih.

  • Pisang

Bingung memilih buah apa yang bisa Anda konsumsi setelah mengalami keracunan makanan? Anda bisa memilih pisang, sebagai buah yang termasuk mudah diperoleh di pasaran. Pisang adalah buah yang mudah cerna dan banyak mengandung zat mineral. Hal ini sangat bermanfaat untuk segera menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Agar asupan cairan dalam tubuh juga segera meningkat, Anda bisa memilih sajian jus pisang tanpa gula setelah mengalami keracunan makanan. Sajian ini tentu cukup mudah dibuat, bukan?

  • Air jahe

Jika air putih dirasa kurang memberikan rasa nyaman pada tubuh pasca keracunan makanan, maka air dengan jahe bisa jadi pilihan yang super tepat. Hal ini akan memberikan asupan zat fitonutrien dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, jahe akan memberikan sensasi hangat dan rasa nyaman pada perut sehingga tubuh akan merasa lebih nyaman.

Baca Juga : Sederet Obat-Obatan Ini Paling Sering Memicu Alergi

| Makanan Yang Disarankan Dikonsumsi Setelah Keracunan Makanan |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *