Masalah Kejiwaan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita

Sebuah penelitian mengungkapkan fakta mengkhawatirkan. Menreka menyimpulkan, sekitar 40% gangguan jiwa lebih rentan dialami wanita ketimbang pria. Dan dibawah ini kami uraikan beberapa jenis Masalah Kejiwaan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita.

Masalah Kejiwaan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita

Masalah Kejiwaan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita | Hampir setiap orang mengalami masalah psikis yang diakibatkan oleh banyaknya pekerjaan ataupun masalah hidup yang alami. Masalah psikis juga bisa disebut sebagai gangguan jiwa dalam level rendah. Hal ini lumrah terjadi bagi setiap orang, pria maupun wanita. Namun, hasil penelitian yang dilakukan oleh Oxford menyebutkan bahwa wanita memiliki risiko mengalami gangguan jiwa ketimbang laki-laki.

Hal ini kemungkinan besar terjadi pengaruh perubahan hormon yang lebih mudah terjadi pada wanita. Terlebih lagi jika wanita memiliki pekerjaan yang sangat padat, seperti pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga, serta pekerjaan lainnya. Tak jarang pula wanita sering mengalami suasana hati yang mudah berubah. Ada tiga jenis gangguan jiwa yang umum dialami oleh wanita. Ketiga jenis gangguan jiwa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Depresi

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang membuat seseorang merasa sangat sedih hingga berada pada titik terendahnya. Orang yang depresi sering merasa putus asa, kehilangan motivasi dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian, wanita 75% lebih rentan untuk mengalami depresi daripada pria.

Selain dipengaruhi oleh faktor hormonal, hal tersebut juga turut disebabkan oleh faktor lingkungan. Misalnya, tuntutan bahwa wanita bekerja juga harus menjadi ibu rumah tangga dan mengasuh anak di rumah.

Baca Juga : Obat Mata Ulkus Kornea

  • Gangguan cemas

Penelitian kembali mengatakan, wanita 60% lebih mungkin untuk mengalami kecemasan. Menurut American Psychological Association’s Journal of Abnormal Psychology, hal tersebut terjadi karena wanita cenderung memendam emosi yang dirasakan dibandingkan langsung meluapkannya. Seseorang yang mengalami gangguan cemas akan mengalami gejala sebagai berikut: Khawatir berlebihan, Gelisah, Ketakutan, Sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih, Menjadi sangat waspada, Sulit tertidur di malam hari.

  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD)

Wanita 10% lebih mungkin untuk mengalami gangguan stres pascatrauma atau PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Ini adalah gangguan jiwa yang terjadi setelah seseorang mengalami kejadian yang traumatis, misalnya mengalami pelecehan seksual, perang, serangan teroris atau kecelakaan berat.

Memang tidak setiap wanita akan mengalami gangguan jiwa. Akan tetapi, anda tetap dianjurkan untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh maupun pikiran dengan saksama. Terapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Dan berkonsultasilah ke dokter ataupun psikiater jika anda merasa mengalami gejala yang merujuk pada salah satu jenis gangguan jiwa diatas. Sekian informasi dari kami yang diambil dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bahaya Akibat Terlalu Sering Menghirup Bau Bensin

Masalah Kejiwaan Yang Rentan Dialami Oleh Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *