Penyakit Tidak Menular Yang Tetap Harus Kita Waspadai

Penyakit tidak menular sering dianggap tidak berbahaya dibanding penyakit menular. Padahal menurut data Dinas Kesehatan pembunuh nomor satu justru masuk pada kategori penyakit tidak menular seperti serangan jantung, diabetes, ginjal, dan lain-lain. Ketahui Penyakit Tidak Menular Yang Tetap Harus Kita Waspadai.

Penyakit Tidak Menular Yang Tetap Harus Kita Waspadai

Penyakit Tidak Menular Yang Tetap Harus Kita Waspadai | Saat ini penyebab kematian terbesar di seluruh dunia adalah penyakit tidak menular. Pasalnya, gaya hidup masyarakat yang semakin tidak sehat. Yang juga menjadi penyebab terbesar terjadinya penyakit tidak menular ini adalah kegemukan atau obesitas. Makan dengan kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi, serta aktivitas fisik yang rendah akan membuat seseorang kegemukan. Bila dibiarkan, cepat atau lambat akan menimbulkan penyakit berbahaya. Beberapa penyakit tidak menular yang paling banyak diderita oleh penduduk di Indonesia adalah :

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan stroke hingga serangan jantung. Hipertensi biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan dialami oleh orang dengan usia tua. Penyebab dari hipertensi ini meliputi keturunan, usia, konsumsi garam yang berlebihan, kolesterol, kegemukan, perokok, konsumsi kafein, konsumsi alkohol, kurang olahraga, dan obesitas atau kegemukan.

  • Asma

Asma dapat dialami oleh seseorang karena beberapa hal, yakni faktor stres, udara dingin, debu, makanan dan minuman yang dingin, alergi terhadap makanan seperti ikan laut, dan yang lain. Penyakit ini memang tidak menular, namun ketika seseorang terkena penyakit ini, maka harus ditangani serius agar dapat menghirup udara dengan nyaman.

  • Diabetes

Menurut data International Diabetes Federation, saat ini sebanyak 9,1 juta penduduk Indonesia mengidap diabetes. Angka diabetes di Indonesia juga meningkat sebanyak 500 ribu orang setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan Indonesia berada pada posisi kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Diabetes disebabkan oleh konsumsi gula dan makanan cepat saji yang berlebihan. Selain itu minimnya aktivitas fisik juga bisa menjadi penyebabnya.

  • Stroke

Masih berdasarkan data Riskesdas, stroke juga menjadi penyebab utama kematian dengan angka 15,4 persen. Berarti setiap tujuh orang yang meninggal di Indonesia, satu diantaranya karena stroke. Yang dapat menyebabkan stroke di antaranya adalah merokok dan hal lain yang menyebabkan hipertensi.

  • Jantung

Pada kasus penyakit jantung, data menyebutkan bahwa setiap 1000 penduduk, 53 orang diantaranya tewas akibat penyakit ini. Kebanyakan kasus penyakit jantung di Indonesia juga terjadi karena penderita tidak menyadari dirinya mengalami kelainan jantung sehingga ditemui meninggal mendadak. Penyakit jantung juga banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol dan tidur tidak teratur.

  • Kanker

Kanker juga menjadi satu penyakit yang patut diwaspadai. Menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2012, di Indonesia prevalensi penyakit ini sebanyak 4,3 banding 1000 penduduk. Kanker juga banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah penyakit tidak menular tersebut, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat. Mulailah makan dengan gizi yang seimbang, rutin berolahraga, dan hindari rokok. Semakin cepat Anda memulai gaya hidup sehat Anda maka semakin kecil risiko penyakit degeneratif menghinggapi tubuh Anda. Tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat. Selain itu lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kesehatan tubuh Anda

  • Penyakit maag

Penyakit maag atau gastritis atau tukak lambung merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia segala usia. Dari muda hingga tua. Penyakit ini berkenaan dengan saluran pencernaan dengan ditandai oleh peradangan pada lambung yang kemudian menyebabkan rasa sakit, mulas, perih, dan kembung pada perut.

  • Penyakit diabetes atau kencing manis

Gejala dari penyakit diabetes bisa Anda lihat dari penurunan berat badan, penglihatan yang blur, pernafasan yang berbau, mual, muntah, rasa sakit pada perut, kemampuan bernafas yang terganggu, dan kencing yang abnormal. Gejala-gejala ini tentu sangat mengganggu. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah terkena penyakit ini, akan sangat baik jika Anda melakukan tindakan cerdik untuk menanggulanginya dengan cara meminum obat secara teratur, melakukan olahraga secara teratur, menjaga berat badan agar tidak kegemukan, konsumsi makanan yang tidak banyak mengandung karbohidrat, hindari sirup, gula pasir, dan atau makanan manis lainnya termasuk minuman bersoda dan minuman manis.

  • Penyakit rematik

Penyakit rematik dapat menyerang persendian seperti lutut, tangan dan anggota sendi lainnya. Penyakit ini memang merupakan penyakit tidak menular, namun Anda tetap perlu waspada. Pencegahan dari penyakit ini adalah dengan cara melakukan olahraga rutin dan tidak membiarkan rematik terpapar oleh udara dingin. Tentu saja, dengan menggunakan pakaian yang serba tertutup.

Baca Juga : Jenis Makanan Untuk Bantu Proses Penyembuhan Patah Tulang

| Penyakit Tidak Menular Yang Tetap Harus Kita Waspadai |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *