Pilihan Menu Makan Malam Sehat Untuk Penderita Diabetes

Pola makan sehat merupakan salah satu komponene penting gaya hidup anda untuk mencepai kadar kolesterol yang normal. Berdiet untuk menurunkan kadar kolesterol tidak serta merta menjadikan makan malam anda penuh penderitaan. Inilah Pilihan Menu Makan Malam Sehat Untuk Penderita Diabetes.

Pilihan Menu Makan Malam Sehat Untuk Penderita Diabetes

Pilihan Menu Makan Malam Sehat Untuk Penderita Diabetes | Kolesterol tinggi adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol “jahat” didalam darah. Saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, biasanya risiko terkena penyakit berbahaya pun akan meningkat. Beberapa penyakit yang rentan menyerang pengidap kolesterol tinggi adalah serangan jantung dan stroke.

Saat seseorang sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menjaga dan berusaha membuat kadar kolesterol turun. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Pengidap kolesterol memang dianjurkan untuk menjaga agar berat badan tidak berlebihan, bahkan disarankan menurunkan berat badan jika berlebih. Namun jangan khawatir, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Yaitu dengan mengatur menu makan termasuk saat makan malam. Coba daftar makan malam yang aman dan sehat bagi pengidap kolesterol berikut ini :

  • Salad

Awali makan malam sehat Anda dengan salad buah atau sayur segar atau campuran keduanya. Hindari mayones dalam penyajian salad Anda, kecuali mayones tersebut rendah gula dan lemak.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun, yogurt tawar rendah lemak, beserta perasan jeruk lemon untuk taburan yang lebih sehat. Salad di awal makan malam juga membantu Anda lebih cepat kenyang.

  • Nasi merah

Untuk makan malam sehat Anda, gunakan beras merah ketimbang beras putih. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, beras merah juga mengandung kadar serat yang lebih tinggi. Sedikit saja sudah cukup untuk mengenyangkan perut Anda di waktu malam.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Panggul

  • Salmon

Salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang berperan melindungi pembuluh darah jantung. Walaupun ikan salmon memiliki banyak manfaat, jika dimasak dengan cara yang salah maka manfaatnya juga akan berkurang.

Panggang ikan salmon sampai warna ikan menjadi pink kemerahan. Oleskan sedikit minyak wijen dan minyak zaitun secukupnya. Untuk mengurangi bau amis ikan, beri perasan lemon di atas ikan salmon Anda.

  • Daging tanpa lemak

Pilihlah daging tanpa lemak untuk makan malam sehat Anda, misalnya bagian dada ayam tanpa kulit. Walaupun masih mengandung lemak, kandungannya relatif lebih sedikit dibandingkan bagian lainnya. Sajikan dada ayam dengan cara dipanggang atau ditumis. Hindari yang ini: digoreng kering dengan tepung renyah.

  • Kentang rebus

Kentang rebus dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda atau menjadi pengganti nasi putih. Untuk sajian yang berbeda, tambahkan beberapa sendok susu putih rendah lemak, tumbuk atau haluskan kentang rebus tersebut menjadi kentang tumbuk. Hindari penggunaan keju dan margarin dalam mengolah kentang rebus.

Baca Juga : Ini Dia Perawatan Wajah Yang Tepat Untuk Para Pria

Pilihan Menu Makan Malam Sehat Untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *