Sederet Makanan Yang Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa dibubuhkan produsen makanan untuk keamanan konsumsi. Bukan berarti makanan harus langsung dibuang jika sudah lewat kadaluarsanya. Pasalnya ada Sederet Makanan Yang Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa. Simak lengkapnya dibawah ini.

Sederet Makanan Yang Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa

Sederet Makanan Yang Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa | Tanggal kadaluarsa yang tercantum di dalam setiap produk makanan atau minuman ditujukan agar konsumen mengetahui kapan sebaiknya produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun, tahukah Anda jika ternyata tanggal kadaluarsa yang terletak pada produk makanan atau minuman tidak selalu menjadi batas akhir waktu konsumsi. Berikut beberapa jenis makanan atauun minuman yang masih aman untuk dikonsumsi meski telah melampaui tanggal kadaluarsa :

  • Makanan Kalengan

Biasanya batas waktu yang tertera di makanan kalengan adalah 3 tahun dari tanggal dibuat. Namun selama makanan kalengan tidak rusak, penyok atau bocor, Juga disimpan dalam tempat sejuk dan tidak terkena cahaya langsung, makanan bisa bertahan hingga 4 tahun.

  • Sereal

Sudah terlanjur beli satu rasa sereal dalam jumlah banyak karena diskon? Tenang, tidak perlu langsung dihabiskan. Rata-rata sereal dapat bertahan dan aman dimakan hingga 6 bulan setelah batas tanggal kadaluarsanya. Walau rasanya mungkin sedikit berubah.

  • Telur

Telur hampir selalu ada dalam stok makanan. Anda bisa menyimpannya di kulkas hingga 3 minggu setelah batas kadaluarsa. Bila ragu, ada teknik mudah memeriksa apakah telur masih bagus atau tidak. Tenggelamkan dalam segelas, air, bila tenggelam artinya masih bagus. Jika mengambang atau berada ditengah-tengah, segera makan sebelum rusak. Saat memecahkan telur, ada bau tak enak, lebih baik buang.

  • Kue Kering, Biskuit & Keripik

Saat kue kering atau keripik kadaluarsa, rasanya akan berubah. Tapi selama tidak ada bau tengik, dan tidak langsung hancur saat diambil, berarti aman dimakan. ( Obat Gangguan Hormon

Biasanya, makanan ini bisa tetap dimakan beberapa minggu setelah lewat tanggal kadaluarsa. Agar kembali renyah, panaskan dalam microwave selama 40 detik dengan piring diatas lapisan tisu.

  • Mentega

Jika mentega akan kadaluarsa, taruhlah di freezer agar lebih bertahan lama. Tapi saat melumerkan untuk digunakan kembali, gunakan sekaligus, jangan dibekukan dan digunakan kembali.

  • Roti

Tanggal kadaluarsa pada roti diasumsikan oleh produsen bila Anda menyimpannya di suhu ruang di meja dapur. Meskipun begitu, selama roti tidak terpapar panas tinggi dan tidak berjamur masih aman memakannya. Agar bisa tahan lebih lama, coba simpan di kulkas, roti bisa tahan disimpan hingga 2 minggu. ( Obat Pengeroposan Tulang )

  • Pasta Kering

Makanan kering meskipun sudah lewat tanggal kadaluarsa. Selama tidak berbau anehpasta kering boleh dikonsumsi hingga 2 sampai 3 tahun. Pastikan juga disimpan di tempat sejuk dalam wadah kedap udara.

  • Yogurt

Selama tidak dibuka, yogurt bisa disimpan hingga 2 minggu setelah tanggal kadaluarsanya sebelum rusak. Jamur bisa mulai terbentuk meskipun hanya dibuka sebentar. Namun selama tdiak ada tanda-tanda jamur, atau berbau tak enak, silahkan dimakan.

  • Coklat

Aturan praktisnya, selama masih enak, cokelat tidak berbahaya walau sudah lewat tanggal kadaluarsa. Kadang, memang muncul selaput putih pada cokelat yang sudah lama disimpan karena gula yang mengristal. Hal itu tidak berbahaya, Anda tetap bisa makan cokelat tersebut. Alternatifnya selain langsung dimakan, bisa dibuat menjadi chococips atau diparut sebagai topping es krim.

Baca Juga : Kebiasan Pagi Hari Yang Bisa Bikin Metabolisme Drop

| Sederet Makanan Yang Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *