Superfoods Pengendali Nafsu Makan Yang Berlebih

Tahukah anda bahwa ada makanan tertentu yang mengeluarkan hormon didalam perut untuk membuat anda selalu kenyang dan menekan nafsu makan?? Ini dia Superfoods Pengendali Nafsu Makan Yang Berlebih, yang mungkin belum anda ketahui.

Superfoods Pengendali Nafsu Makan Yang Berlebih

Superfoods Pengendali Nafsu Makan Yang Berlebih | Salah satu faktor yang membuat seseorang gagal melakukan diet penurunan berat badan adalah tidak bisa mengontrol nafsu makan. Alih-alih menahan rasa lapar, anda justru makan secara berlebihan. Alhasil berat badan menjadi terus bertambah yang membuat anda putus asa ketika berniat untuk langsing. Jadi, selain olahraga anda perlu mengontrol nafsu makan, salah satunya dengan memilih makanan yang tepat.

Ya, sejumlah makanan dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu, Anda menjadi tidak makan berlebihan, sehingga berat badan perlahan-lahan turun. Berikut adalah makanan-makanan yang membantu mengendalikan nafsu makan yang berlebih :

  • Jamur

Jamur telah terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, makanan ini mengandung lemak dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Para peneliti telah menemukan bahwa jamur tidak hanya membantu meningkatkan produksi sel darah putih, tetapi juga membantu mendorong aktivitas sel-sel darah putih.

  • Oat

Makanan selanjutnya yang membantu mengontrol nafsu makan adalah gandum atau oat. Makanan ini tidak hanya membantu melawan lemak, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Karena itu, oat sangat disarankan sebagai menu sarapan sehat. Tidak hanya membuat perut kenyang lebih lama, tetapi juga mengontrol nafsu makan.

  • Pisang

Pisang tidak hanya sumber vitamin B6, tetapi juga memberikan dorongan terhadap kadar gula darah. Buah ini juga kaya kalium yang membantu dalam menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Selain itu, pisang tidak hanya membuat perut kenyang, tetapi juga membantu produksi serotonin, sehingga efektif melawan stres dan kecemasan.

  • Bawang

Bawang adalah salah satu makanan super yang membantu mengendalikan nafsu makan. Bawang juga telah terbukti dapat meningkatkan stamina dan melindungi Anda terhadap penyakit jantung dan diabetes.

  • Dark Chocolate

Jika Anda ingin nyemil sesuatu yang manis, cokelat hitam bisa jadi pilihan. Menurut pentlitian cokelat hitam lebih memberikan efek mengenyangkan dibanding susu cokelat dan dapat menekan hasrat ingin makan makanan manis dan asin Anda. Sebanyak 17 % orang yang mengonsumsi cokelat hitam lebih sedikit mengonsumsi kalori.

  • Telur

Buka sarapan Anda dengan telur dijamin Anda dapat menahan lapar hingga waktu makan siang tiba. Mak 300 kalori setiap pagi (telur dan sosis) dapat menghasilkan 30-39 protein dalam tubuh yang dapat membantu Anda menahan lapar dan menambah rasa kenyang.

  • Alpukat

Buah ini kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal, menjadikannya penahan nafsu makan alami yang terbaik. Dengan catatan, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar dan cara yang tepat. Selain itu, lemak yang terkandung di dalam alpukat bisa mengirimkan sinyal ke otak yang memberitahukan bahwa perut Anda sudah kenyang. Namun batasi konsumsinya, maksimal satu butir per hari dan jangan mencampurkan alpukat dengan susu cokelat, gula pasir atau bahan-bahan lainnya.

  • Apel

Makan apel adalah cara yang paling sesuai untuk mengontrol nafsu makan. Buah apel mengandung banyak serat serta rendah karbohidrat yang dipercaya sebagai pengontrol nafsu makan alami. Para nutrisionis merekomendasikan untuk memakan apel langsung tanpa dipotong-potong terlebih dulu. Makan apel dalam bentuk yang masih utuh membuat Anda harus berusaha lebih keras untuk memakan dan mengunyahnya. Otak pun jadi punya lebih banyak waktu untuk menyampaikan tanda bahwa perut sudah penuh. Selain itu, buah dengan tekstur renyah ini juga mampu mengatur kadar glukosa dan meningkatkan level energi.

  • Tofu

Tofu merupakan sumber protein dan mengandung isoflavon yang disebut genistein. Zat ini merupakan penahan nafsu makan alami yang tidak membahayakan, jika dibandingkan dengan pil-pil atau suplemen yang banyak dijual di pasaran. Masukkan tofu ke dalam salad, atau bisa diolah dengan cara dijadikan cah atau dicampur dengan sayur.

Baca Juga : Obat Saraf Mata Lemah

  • Teh Hijau

Secangkir teh hijau juga bisa membantu mencegah Anda makan yang berlebihan. Kandungan catechin dalam teh hijau bisa memperlambat proses pembentukan glukosa menjadi sel-sel lemak. Sehingga kadar gula darah pun menurun. Lalu ketika gula darah distabilkan, nafsu makan otomatis terkontrol.

  • Acar

Acar, asinan kubis, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya memiliki rantai asam lemak yang pendek (SCFAs) yang merangsang produksi hormon yang mengatur sinyal nafsu makan. Makanan yang difermentasi juga memicu pertumbuhan probiotik–bakteri sehat yang membantu pencernaan. Beberapa ahli percaya probiotik dapat mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

  • Cabai bubuk

Senyawa capsaicin dalam cabai membantu memicu kerja metabolisme. Penelitian Maastricht University Belanda bahkan mengungkapkna makanan pedas dapat ikut mengontrol nafsu makan Anda. Seperempat sendok teh cabai bubuk dalam makanan dapat meningkatkan rasa kenyang.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Sendi

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti polong dan kacang merah sangat kaya protein, serat, zat antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan justru mengendalikan nafsu makan. Jurnal Obesit mengungkap 31% orang yang makan kacang-kacangan merasa lebih kenyang.

Rendahnya kadar H2O dalam tubuh sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Mengapa? Karena gejala kelaparan serupa dengan dehidrasi, yakni energi yang rendah, fungsi kognitif berkurang, dan suasana hati yang buruk. Jadi, saat hasrat ingin ngemil pada sore hari muncul, cobalah untuk meminum segelas air dan tunggu selama 10 menit. Bisa jadi rasa lapar Anda hilang dan tidak perlu menambah ratusan kalori.

  • whey protein

Susu whey-salah satu dari dua protein yang membentuk produk susu-mungkin jenis protein yang paling lengkap. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, orang yang minum whey protein makan 18% lebih sedikit. Gunakan bubuk protein whey untuk membuat smoothies buah-buahan.

Baca Juga : Biji Labu Kuning Bantu Tingkatkan Kualitas Sperma Pada Pria

Superfoods Pengendali Nafsu Makan Yang Berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *