Tak Hanya Enak Dibikin Kolak, Ini Manfaat Sehat Dari Kolang-Kaling

Banyak orang yang menggunakan buah kolang-kaling sebagai campuran untuk makanan atau minuman, salah satunya dijadikan kolak. Konon katanya buah yang berasak dari pohon aren ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak Hanya Enak Dibikin Kolak, Ini Manfaat Sehat Dari Kolang-Kaling.

Tak Hanya Enak Dibikin Kolak, Ini Manfaat Sehat Dari Kolang-Kaling

Tak Hanya Enak Dibikin Kolak, Ini Manfaat Sehat Dari Kolang-Kaling | Mendengar kata kolang kaling pasti sudah membuat Anda membayangkan bagaimana segarnya buah yang satu ini. Selain segar, dan enak dimakan dengan campuran sirup beragam rasa, ternyata manfaat kolang kaling juga dapat meningkatkan kesehatan.

Manis dan enak disantap dalam kondisi dingin, kolang kaling ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya, di dalam 100 gram kolang kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling dipercaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh :

  • Kaya vitamin dan kandungan gizi lainnya

Kolang-kaling bisa dibilang paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh, seperti vitamin A, B, dan C. Seperti diketahui vitamin A terbukti berkhasiat memperkuat penglihatan, vitamin B baik untuk peremajaan kulit dan sel-sel lain dalam tubuh, sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Kolang-kaling juga diketahui memiliki kandungan mineral, serat, karbohidrat, protein, kalsium dan fosfor, hingga zat besi. Rajin mengonsumsi buah atap ini rupanya juga bermanfaat dalam peremajaan kulit berkat tingginya kandungan kolagen.

  • Melancarkan percernaan dan mencegah sembelit

Serat yang terkandung dalam kolang-kaling sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Jika pencernaan lancar, kualitas metabolisme tubuh juga bakal membaik.

Kandungan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi dapat terserap optimal, sedangkan bahan-bahan yang dianggap sampah bagi tubuh akan dibuang. Itulah kenapa kolang-kolang juga baik untuk mencegah penyakit sembelit atau kesulitan buang air besar. (Obat Keputihan Tidak Normal)

  • Membantu mengobati radang sendi

Kolang-kaling mengandung zat galaktomanan yang kerap dipakai sebagai bahan dasar obat nyeri radang sendi. Jika ingin mencobanya, rebus kolang-kaling tanpa menambahkan gula maupun pewarna makanan dan dikonsumsi secara teratur setiap hari.

  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Tingginya kadar kalsium pada kolang-kaling sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium juga berfungsi menjaga kekuatan tulang sehingga mampu mencegah osteroporosis. Bagi Anda yang kurang suka minum susu, mengonsumsi kolang-kaling bisa dijadikan alternatif untuk menghindari kerapuhan tulang sejak dini.

  • Cocok untuk diet

Seperti yang sudah disingguh di atas, karbohidrat yang terdapat pada kolang-kaling cukup bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolang-kaling ternyata juga mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Cocok untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet, kan? Setidaknya bakal membantu mengurangi keinginan untuk ngemil yang sering bikin diet gagal total.

  • Baik untuk kulit

Buah lontar adalah rumah obat yang sangat baik untuk biang keringat selama musim panas. Lapisan tipis jelly buah aren yang diterapkan pada daerah yang terkena memiliki efek menenangkan dan dapat segera meredakan gatal karena biang keringat. Buah aren ini juga efektif mengurangi gejala cacar air dan mempercepat penyembuhan. Tak hanya itu, buah aren juga bermanfaat untuk mengobati masalah kulit yang meradang karena paparan panas yang intens. Kolang-kaling sangat baik untuk kulit, bahkan untuk orang dengan kulit sensitif.

Baca Juga : Hasil Riset Membuktikan, Makan Sendirian Bikin Orang Tidak Bahagia

| Tak Hanya Enak Dibikin Kolak, Ini Manfaat Sehat Dari Kolang-Kaling |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *