Tidur Berlebih Dan Kurang Tidur Sama Bahayanya

Bangun dari tidur malam yang hanya berlangsung selama 4 jam bisa saja membuat Anda merasa kacau menjalani hari. Anda lantas berniat untuk menghapus kekacauan tadi dengan tidur melebihi 8 jam tidur yang direkomendasikan. Hasilnya, Anda hanya akan merasa lelah seperti hari sebelumnya. Karena perlu anda ketahui, Tidur Berlebih Dan Kurang Tidur Sama Bahayanya.

Tidur Berlebih Dan Kurang Tidur Sama Bahayanya

Tidur Berlebih Dan Kurang Tidur Sama Bahayanya | Riset membuktikan tidur malam 6-8 jam sehari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidur melebihi atau kurang dari durasi tersebut, berpotensi meningkatkan risiko penyakit arteri koroner atau stroke.

Riset dilakukan dengan menganalisis data lebih dari sejuta orang dewasa. Hasilnya, riset membuktikan berlebihan atau kurang tidur membuat jantung bekerja tak optimal. Berdasarkan laporan Independent, riset ini telah dipresentasikan dalam Kongres European Society of Cardiology di Munich, Jerman.

Hasil riset menemukan mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner atau stroke, begitupula mereka yang terbiasa tidur lebih dari delapan jam. (Vig Power Capsule)

Menurut periset, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam berisiko 11 persen lebih besar untuk mengalami arteri koroner atau stroke. Sementara itu, mereka yang tidur lebih dari delapan jam mengalami peningkatan risiko hingga 33 persen.

Temuan kami menunjukkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat berdampak buruk bagi jantung,” kata Dr Epameinondas Fountas, selaku pemimpin riset.

Ia juga mengatakan perlunya lebih banyak penelitian untuk menjelaskan hal ini.

Tetapi kita tahu tidur memengaruhi proses biologis seperti metabolisme glukosa, tekanan darah, dan peradangan yang semuanya berdampak pada penyakit kardiovaskular,” tambahnya.

Ia menyarankan agar kita tidur yang cukup. Jangan sampai kita memiliki durasi tidur yang kurang atau berlebih, karena keduanya berbahaya bagi kesehatan. Emily McGrath, perawat jantung senior di British Heart Foundation, mengatakan tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Ketika berbicara soal kesehatan jantung dan peredaran darah, penelitian besar ini menunjukkan adanya efek negatif dari tidur yang kurang dan berlebihan,” paparnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar kita segera berkonsultasi dengan dokter jika memiliki masalah durasi tidur ini.

Selain memiliki dampak negatif pada kualitas hidup, kurang tidur juga dapat berkontribusi untuk masalah kesehatan jantung di masa depan,” tambahnya.

Baca Juga : Waspada, Penyakit-Penyakit Ini Ditularkan Melalui Tikus

| Tidur Berlebih Dan Kurang Tidur Sama Bahayanya |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *