Vitamin D Berpotensi Turunkan Risiko Kanker Secara Keseluruhan

Orang-orang yang memiliki kandungan vitamin D dalam tubuhnya tinggi, risiko kankernya lebih rendah. Memang, sebuah penelitian menyebutkan bahwa Vitamin D Berpotensi Turunkan Risiko Kanker Secara Keseluruhan. Simak penjelasannya dibawah ini.

Vitamin D Berpotensi Turunkan Risiko Kanker Secara Keseluruhan

Vitamin D Berpotensi Turunkan Risiko Kanker Secara Keseluruhan | Menurut studi terbaru dari Jepang, kadar vitamin D yang tinggi dalam darah berpotensi menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Penelitian ini mendukung hipotesis bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan untuk melawan kanker,” kata para peneliti dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal The BMJ.

Vitamin D dibuat oleh kulit sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Dengan mempertahankan kadar kalsium dalam tubuh, vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Selain itu, ada bukti lain bahwa vitamin ini mampu melawan penyakit kronis. Termasuk kanker.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Sendi

Karena konsentrasi vitamin D bisa bervariasi menurut etnis dan ras, para peneliti dari sekolah dan institusi kedokteran di Jepang mencoba untuk meneliti potensi penurunan risiko kanker di Asia. Mereka menganalisis catatan kesehatan 33.736 pria dan wanita berusia 40 hingga 69 tahun.

Di awal studi, para partisipan memberikan informasi rinci mengenai riwayat kesehatan, diet dan gaya hidup mereka. Sampel darah juga diambil untuk mengukur jumlah vitamin D. Peneliti tidak menjelaskan dengan spesifik apakah partisipan pernah menggunakan suplemen vitamin D atau tidak.

Baca Juga : Obat Herbal Stroke Ringan

Selanjutnya, partisipan dibagi menjadi empat kelompok, mulai dari yang memiliki konsentrasi vitamin D terendah hingga tertinggi. Mereka lalu dimonitor selama 16 tahun, di mana sebanyak 3.301 jenis kanker baru terdeteksi.

Setelah disesuaikan dengan beberapa faktor penyebab kanker – seperti usia, berat badan, kebiasaan merokok dan minum alkohol – para peneliti menemukan fakta bahwa partisipan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, risiko kankernya 20% lebih rendah.

Risiko kanker hati pada pria bahkan menurun hingga 50%. Meskipun begitu, diketahui bahwa vitamin D tidak memliki pengaruh pada kanker paru dan prostat. Beberapa studi sebelumnya menunjukkan bahwa kurang vitamin D meningkatkan risiko patah tulang, sakit jantung, diabetes, depresi, Alzheimer, kanker kolorektal dan kematian.

Baca Juga : Ramuan Herbal Untuk Mencegah & Mengobati Kanker Mulut

Vitamin D Berpotensi Turunkan Risiko Kanker Secara Keseluruhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *