Waspada, Jenis Kanker Ini Paling Sering Menyerang Wanita

Selain gaya hidup dan lingkungan, riwayat keluarga menjadi faktor penting dalam pengembangan kanker. Dan pada wanita, ada beberapa jenis kanker yang perlu diwaspadai. Waspada, Jenis Kanker Ini Paling Sering Menyerang Wanita.

Waspada, Jenis Kanker Ini Paling Sering Menyerang Wanita

Waspada, Jenis Kanker Ini Paling Sering Menyerang Wanita | Selain serangan jantung, kanker merupakan penyakit kedua terbesar di dunia yang menyebabkan kematian pada wanita. Di berbagai belahan dunia, kaum wanita harus berjuang melawan sekitar 6-7 jenis kanker, salah satunya yang paling berbahaya adalah kanker payudara.

Sementara itu, kanker paru-paru mempengaruhi lebih dari 10 ribu wanita setiap tahunnya, diikuti kanker kolorektal dan kanker ovarium. Khusus untuk wanita Asia Pasifik, termasuk Indonesia, kanker uterus adalah jenis kanker yang banyak merenggut nyawa, yaitu lebih dari 2.000 jiwa tiap tahunnya.

Kanker merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapapun, baik pria maupun wanita. Namun ada jenis kanker tertentu yang berisiko lebih tinggi hanya dialami kaum wanita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu melakukan medical checkup secara rutin. Inilah beberapa jenis kanker yang sering menyerang wanita :

  • Kanker payudara

Kanker payudara adalah kanker paling umum yang mungkin terjadi pada wanita. Penyakit ini bisa terjadi pada usia berapa pun. Risiko dari kanker payudara juga meningkat seiring usia bertambah.

Beberapa wanita berisiko tinggi terkena kanker payudara, karena faktor-faktor seperti riwayat keluarga, kecenderungan genetik, atau lainnya (seperti menggunakan obat hormonal dan tidak menyusui). Meski demikian, setiap wanita harus tahu tentang kanker payudara dan apa yang bisa dilakukan soal itu.

  • Kanker usus besar

Sebagian besar kanker usus besar (kolon) ditemukan pada orang berusia 50 atau lebih. Orang-orang yang berisiko mengalami kanker ini adalah orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker usus besar, polip (salah satu jenis tumor jinak) di kolon, atau penyakit radang usus.

Selain itu, kelebihan berat badan, mengonsumsi makanan tinggi lemak (terutama dari sumber hewani), merokok, dan tidak aktif bergerak dapat membuat seseorang lebih mungkin terkena kanker usus besar.

  • Kanker endometrium

Kanker endometrium (lapisan terdalam rahim) paling sering terjadi pada wanita usia 55 dan lebih. Suntik hormon estrogen tanpa progesteron, dan mengonsumsi tamoxifen untuk pengobatan kanker payudara atau untuk menurunkan risiko kanker payudara, dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker endometrium.

Memiliki gangguan menstruasi, menopause terlambat, riwayat infertilitas, atau tidak memiliki anak, juga dapat meningkatkan risiko kanker endometrium.

Baca Juga : Obat Herbal Rematik

  • Kanker serviks

Kanker serviks dapat memengaruhi setiap wanita yang sedang atau telah aktif secara seksual. Kanker serviks juga lebih mungkin terjadi pada wanita yang merokok, memiliki HIV atau AIDS, gizi buruk, dan tidak melakukan tes pap smear secara rutin.

  • Kanker kulit

Pada kanker ini, terjadi kelainan kulit dengan tanda pertumbuhan abnormal sel kulit. Siapa pun yang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari bisa terkena kanker kulit. Orang ras Kaukasia lebih cenderung terkena kanker kulit.

  • Kanker ovarium

Kanker ovarium lebih cenderung terjadi pada wanita usia tua. Meski demikian, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, orang usia remaja (mulai umur 16 tahun) juga berisiko mengalami kanker ovarium.

Wanita yang tidak pernah memiliki anak, mengalami ketidaksuburan yang tidak dapat dijelaskan, atau yang punya anak pertama setelah usia 30 tahun lebih mungkin terkena kanker ovarium. Wanita yang telah menggunakan estrogen saja sebagai terapi penggantian hormon juga berisiko tinggi mengalami kanker ini. Di samping itu, wanita dengan riwayat keluarga memiliki kanker ovarium, atau kanker payudara lebih cenderung terkena kanker ovarium.

Baca Juga : Dampak Buruk Asap Rokok Terhadap Kesehatan Mata

Demikian tadi beberapa kanker yang sering menyerang wanita. Meski berpotensi mematikan, kanker tetap dapat dicegah. Untuk menjauhkan diri dari kanker, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk menerapkan CERDIK. CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala; Enyahkan asap rokok; Rajin aktivitas fisik; Diet sehat dengan kalori seimbang; Istirahat cukup; dan Kelola stres. Selamat menerapkan pola hidup sehat!

Waspada, Jenis Kanker Ini Paling Sering Menyerang Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *